Share to:

Bank Rakyat Indonesia

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
Badan usaha milik negara
Kode emitenIDX: BBRI
IndustriJasa keuangan
DidirikanPurwokerto, 16 Desember 1895; 128 tahun lalu (1895-12-16)
PendiriRaden Bei Aria Wirjaatmadja
Kantor
pusat
Jakarta Selatan, DKI Jakarta
Wilayah operasi
Indonesia
Tokoh
kunci
Sunarso[1]
(Direktur Utama)
Kartika Wirjoatmodjo[1]
(Komisaris Utama)
Produk
Merek
  • BritAma
  • Junio
  • Simpedes
  • Kupedes
  • Qlola
  • BRILink
  • BRImo
  • Senyum
  • Provestara
Jasa
PendapatanKenaikan Rp 124,597 triliun (2022)[2]
Kenaikan Rp 64,306 triliun (2022)[2]
Kenaikan Rp 48,569 triliun (2022)[2]
Total asetKenaikan Rp 1.866 triliun (2022)[2]
Total ekuitasKenaikan Rp 303,395 triliun (2022)[2]
PemilikPemerintah Indonesia (53,19%)
Publik (46,81%)
Karyawan
Penurunan 74.735 (2022)[2]
Anak
usaha
Lihat daftar
Situs webwww.bri.co.id

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau biasa disingkat menjadi BRI, adalah sebuah badan usaha milik negara Indonesia yang menyediakan berbagai macam jasa keuangan. Untuk mendukung kegiatan bisnisnya, hingga akhir tahun 2022, bank ini memiliki 449 unit kantor cabang dan 13.863 unit ATM yang tersebar di seantero Indonesia. Bank ini juga memiliki kantor di New York, Hong Kong, Singapura, Cayman Islands, Taiwan, Colmera, Fatuhada, Hudilaran, dan Audian.[2][3]

Sejarah

Bank ini memulai sejarahnya di Purwokerto pada tanggal 16 Desember 1895 saat Raden Bei Aria Wirjaatmadja mendirikan De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden untuk mengelola dan menyalurkan dana masjid kepada masyarakat dengan skema yang sederhana. Nama organisasi tersebut kemudian beberapa kali diubah, mulai dari Hulp en Spaarbank der Inlandshe Bestuurs Ambtenareen, De Poerwokertosche Hulp Spaar-en Landbouw Credietbank atau Volksbank, Centrale Kas Voor Volkscredietwezen Algemene, Algemene Volkscredietbank (AVB), hingga pada masa pendudukan Jepang, nama organisasi ini kembali diubah menjadi Syomin Ginko.

Setelah Indonesia merdeka, pada bulan Februari 1946, pemerintah Indonesia menetapkan organisasi ini sebagai sebuah bank pemerintah dengan nama Bank Rakyat Indonesia (BRI).[4] Bank ini sempat berhenti beroperasi pada tahun 1948, tetapi setelah Perjanjian Renville diteken, bank ini dapat kembali beroperasi dengan nama 'Bank Rakyat Indonesia Serikat'. Pada tahun 1960, pemerintah menggabungkan bank ini ke dalam Bank Koperasi, Tani dan Nelayan (BKTN).[5] Pada tahun 1965, sebagai bagian dari penerapan konsep bank berjuang, BKTN digabung ke dalam Bank Indonesia[6] dan mulai berbisnis dengan nama Bank Indonesia urusan Koperasi, Tani, dan Nelayan. Sebulan kemudian, pemerintah mengubah nama Bank Indonesia menjadi 'Bank Negara Indonesia',[7] sehingga bank tersebut juga diubah namanya menjadi Bank Negara Indonesia Unit II.

Pada tahun 1968, pemerintah memisahkan bank tersebut menjadi sebuah perusahaan tersendiri dengan nama "Bank Rakyat Indonesia".[8] Setahun kemudian, pemerintah menunjuk bank ini sebagai satu-satunya penyalur program kredit Bimbingan Masal (Bimas). Pada tahun 1984, pemerintah menghentikan program Bimas, sehingga bank ini mulai menyalurkan kredit mikro secara komersial. Pada tahun 1992, pemerintah menetapkan bank ini sebagai sebuah persero.[9] Pada akhir tahun 2003, bank ini resmi melantai di Bursa Efek Jakarta. Pada tahun 2007, bank ini mengakuisisi Bank Jasa Artha dan kemudian mengubah nama bank tersebut menjadi Bank BRIsyariah untuk berbisnis di bidang perbankan syariah.

Pada bulan Maret 2011, bank ini mengakuisisi mayoritas saham Bank Agro yang dipegang oleh Dana Pensiun Perkebunan (Dapenbun) dan kemudian mengubah nama bank tersebut menjadi BRI Agro. Pada bulan Desember 2011, bank ini juga mengakuisisi mayoritas saham BRIngin Remittance dan kemudian mengubah nama perusahaan tersebut menjadi BRI Remittance. Pada tahun 2015, bank ini mengakuisisi Bringin Life dan kemudian mengubah nama perusahaan tersebut menjadi BRI Life. Pada bulan Agustus 2015, bank ini meluncurkan Teras BRI Kapal untuk mempermudah masyarakat di pesisir kepulauan dalam mengakses layanannya. Bank ini kemudian juga meresmikan BRI Corporate University untuk menunjang pendidikan bagi para pekerjanya.

Pada bulan Juni 2016, bank ini meluncurkan satelit BRIsat dari Guyana Prancis untuk menunjang layanan digitalnya. Bank ini kemudian juga mengakuisisi BTMU Finance dan kemudian mengubah nama perusahaan tersebut menjadi BRI Finance. Pada bulan Februari 2017, bank ini meluncurkan Teras BRI Kapal Bahtera Seva II dan Teras BRI Kapal Bahtera Seva III untuk mempermudah masyarakat pesisir di Labuan Bajo dan Halmahera untuk mengakses layanannya. Pada tahun 2018, bank ini mengakuisisi 67% saham Danareksa Sekuritas dan 35% saham Danareksa Investment Management dengan harga Rp 819 milyar.[10] Pada tahun 2018 juga, bank ini meluncurkan kecerdasan buatan bernama Sabrina sebagai untuk mempermudah nasabahnya dalam mendapatkan informasi mengenai layanannya.

Pada awal tahun 2019, bank ini mengakuisisi salah satu anak usaha dari Bahana Artha Ventura, yakni Sarana NTT Ventura, yang kemudian diubah namanya menjadi BRI Ventures, sebagai bagian dari rencana bank ini untuk masuk ke bisnis modal ventura.[11] Pada tahun 2019 juga, BRI Agro meluncurkan aplikasi PINANG untuk mempermudah nasabahnya dalam mengajukan pinjaman. Bank ini lalu juga mengakuisisi BRINS[12] dan kemudian mengubah nama perusahaan tersebut menjadi BRI Insurance. Bank ini juga meluncurkan aplikasi BRImo untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses layanannya. Pada bulan Desember 2019, bank ini meluncurkan aplikasi CERIA untuk mempermudah nasabahnya dalam mengajukan pinjaman.

Sepanjang tahun 2020, sebagai bagian dari upaya untuk menyelamatkan debitur yang terdampak COVID-19, bank ini merestrukturisasi pinjaman dengan total nilai Rp186,6 triliun yang diberikannya kepada 2,8 juta debitur. Pada akhir tahun 2020, bank ini mengubah nama Danareksa Sekuritas menjadi BRI Danareksa Sekuritas untuk menegaskan status perusahaan tersebut sebagai anak usahanya.[13] Pada tahun 2021, Bank Syariah Mandiri dan BNI Syariah resmi digabung ke dalam Bank BRIsyariah sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk menyatukan bank syariah milik BUMN. Nama bank tersebut kemudian diubah menjadi Bank Syariah Indonesia dengan mayoritas sahamnya dipegang oleh Bank Mandiri.[2][3] Pada tahun 2021 juga, pemerintah menyerahkan mayoritas saham Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani ke bank ini sebagai bagian dari upaya untuk membentuk holding BUMN yang bergerak di bidang ultra mikro.[14] Guna menunjang proses tersebut, bank ini kemudian menyelenggarakan rights issue pada bulan September 2021.[15]

Pada akhir tahun 2022, bank ini meningkatkan kepemilikan sahamnya di Danareksa Investment Management menjadi 65%[16] dan kemudian mengubah nama perusahaan tersebut menjadi BRI Manajemen Investasi.[17][18]

Produk dan jasa

Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank terbesar di Indonesia yang menawarkan berbagai layanan perbankan bagi nasabah individu, bisnis kecil dan menengah, serta korporat. Beberapa jenis layanan yang ditawarkan oleh Bank Rakyat Indonesia antara lain:

  1. Tabungan: Bank Rakyat Indonesia menawarkan berbagai jenis tabungan seperti Tabungan BRI, Tabungan Simpedes, Tabungan Britama, dan Tabungan Britama X. Setiap jenis tabungan ini memiliki persyaratan, bunga, dan manfaat yang berbeda.
  2. Kredit: BRI menyediakan berbagai jenis kredit seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan jenis Super Mikro, Mikro dan Kecil,[19] Kredit Modal Kerja, Kredit Tanpa Agunan, dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). BRI juga menyediakan kredit dengan syarat yang lebih mudah dan bunga yang terjangkau bagi nasabah yang ingin memulai usaha kecil dan menengah.
  3. Investasi: BRI menyediakan produk investasi seperti Reksadana, Obligasi, dan Pembiayaan Investasi Syariah bagi nasabah yang ingin berinvestasi.
  4. Layanan perbankan digital: Bank Rakyat Indonesia juga menyediakan layanan perbankan digital seperti BRI Mobile, BRI Internet Banking, dan SMS Banking BRI yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan secara online.
  5. Layanan kartu: BRI menyediakan berbagai jenis kartu seperti Kartu Kredit BRI, Kartu Debit BRI, dan Kartu Kredit Syariah BRI.
  6. Layanan internasional: BRI menyediakan layanan perbankan internasional seperti Layanan Remittance, Layanan Valas, dan Layanan Trade Finance bagi nasabah yang ingin melakukan transaksi dengan luar negeri.

Selain itu, BRI juga menyediakan berbagai jenis layanan tambahan seperti asuransi, safe deposit box, dan layanan pengiriman uang yang dapat memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan.

Program CSR

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Bank BRI turut melaksanakan Program Tanggung Jawab Sosial atau Corporate Sosial Responsibility (CSR).

Pembinaaan Kelompok Usaha Bersama (KUB) Berkah Jaya

Sejak tahun 2019, KUB Tidu Berkah Jaya bekerjasama dengan salah satu eksportir dari Solo. Dari sini, para anggotanya memproduksi kerajinan rajut. Mulai dari bentuk kepala gajah, jerapah, hingga keranjang laundry. Seluruh hasil karya rajut buatan anggota KUB Berkah Jaya sampai diekspor ke Amerika dan Thailand. Total pesanan hasil karya rajut bisa mencapai 700-1.000 barang.[20]

Tergabung dalam program "Klasterkuhidupku" dari BRI, KUB Berkah Jaya mendapat dukungan baik dari pembiayaan hingga pelatihan dari BRI. Selain itu, KUB Berkah Jaya juga mendapat bantuan CSR BRI. Bantuan tersebut digunakan untuk pembangunan sarana pra-sarana, pembelian peralatan usaha hingga dianggarkan bagi pelatihan anggota KUB.

Melalui program "Klasterkuhidupku" BRI berkomitmen untuk terus mendampingi dan membantu para pelaku UMKM, di mana tidak hanya berupa modal usaha saja tetapi juga berupa berbagai pelatihan dan program pemberdayaan lainnya.

Penataan Kampung Bali Lewat Program BRI Peduli

BRI melalui aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) mengambil peran mendorong kelestarian lingkungan Kampung Bali Jakarta dengan berbagai program dan aktivitas yang bertujuan mendorong kesadaran warga dalam menjaga kebersihan lingkungan.[21]

Berbagai kegiatan dan penyaluran bantuan telah dilakukan di Kelurahan Kampung Bali antara lain penataan kawasan sungai/kali (Jaga Sungai Jaga Kehidupan), pelaksanaan program Bertani di Kota (BRINita), edukasi pengolahan sampah bagi warga (Yok Kita Gas), pelatihan dan pendampingan bagi pelaku Usaha, Kecil dan Menengah (UMKM), serta penyaluran bantuan infrastruktur lainnya dalam rangka penataan lingkungan sebagai kawasan percontohan unggulan.

Anak usaha

Hingga akhir tahun 2022, bank ini memiliki 12 anak usaha, yakni:

Galeri

Penghargaan

  • The Best Corporate - Malam Anugerah BUMN 2021
  • Tata Kelola Perusahaan (GCG) Terbaik 2021
  • Transformasi Bisnis & Organisasi Terbaik 2021[22]
  • Dua insan BRILiaN Nur Arifin Akbar dan Nitia Rahmi sebagai Team Blockchain Center of Excellence (CoE) meraih penghargaan dalam ajang Silver Medal Finalist di UN World Innovation Day Hack 2022.[23]
  • PT.BRI Raih Penghargaan Internasional, dalam katagori The Best ‘SME Banker of The Year’ untuk Direktur Utama BRI Sunarso dan PT.BRI sebagai ‘Best in Treasury and Working Capital – SMEs’ dalam acara The Asset Triple A 2022.[24]
  • PT.BRI meraih penghargaan dalam ajang 12th Annual Treasury & FX Awards 2022 dalam katogori Best FX Bank for Structured Products: Commodities, Credit, Equity, FX and Multi-Asset, Best FX Bank for Money Market Products, dan Best FX Bank for Retail Clients.[25]
  • PT.BRI Meraih Penghargaan The Best State-Owned Enterprise in 2021 kategori Financial Listed Public Company with Asset Above Rp 15 Trillion [26]
  • PT Bank Rakyat Indonesia Meraih Penghargaan LPS Banking Award 2022 [27] kategori Bank Teraktif dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Masyarakat
  • PT Bank Rakyat Indonesia Meraih Penghargaan Best Government Public Relations in Indonesia di ajang The 4th ASEAN PR Excellence Awards 2023[28]

Referensi

  1. ^ a b "Komisaris & Direksi". PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Diakses tanggal 5 Juli 2023. 
  2. ^ a b c d e f g h "Laporan Tahunan 2022" (PDF). PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Diakses tanggal 5 Juli 2023. 
  3. ^ a b "Sekilas Perusahaan". PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Diakses tanggal 5 Juli 2023. 
  4. ^ "Peraturan Pemerintah nomor 1 tahun 1946" (PDF). Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. Diakses tanggal 4 Desember 2022. 
  5. ^ "Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang nomor 42 tahun 1960" (PDF). Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. Diakses tanggal 4 Desember 2022. 
  6. ^ "Penetapan Presiden nomor 9 tahun 1965" (PDF). Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. Diakses tanggal 4 Desember 2022. 
  7. ^ "Penetapan Presiden nomor 17 tahun 1965" (PDF). Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. Diakses tanggal 4 Desember 2022. 
  8. ^ "Undang-Undang nomor 21 tahun 1968" (PDF). Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. Diakses tanggal 4 Desember 2022. 
  9. ^ "Peraturan Pemerintah nomor 21 tahun 1992" (PDF). Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. Diakses tanggal 4 Desember 2022. 
  10. ^ Yudistira, Galvan (24 Oktober 2018). "BRI targetkan akuisisi Danareksa Sekuritas selesai di akhir 2018". Kontan. Diakses tanggal 4 Desember 2022. 
  11. ^ Hastuti, Rahajeng Kusumo. "Baru Berdiri, BRI Venture Suntik Rp 1,5 T ke Startup RI". CNBC Indonesia. cnbcindonesia.com. Diakses tanggal 10 Januari 2020. 
  12. ^ Wareza, Monica. "BRI Resmi Akuisisi Asuransi Umum BRINS". CNBC Indonesia. cnbcindonesia.com. Diakses tanggal 10 Januari 2020. 
  13. ^ Wulandhari, Retno (7 Desember 2020). "Diakuisisi BRI, Danareksa Sekuritas Resmi Ganti Nama". Republika. Diakses tanggal 13 Juli 2023. 
  14. ^ Winarto, Yudho (6 Juli 2021). Winarto, Yudho, ed. "PP pembentukan holding ultra mikro terbit, Pegadaian dan PNM jadi anak usaha BRI". Kontan.co.id. Kontan. Diakses tanggal 8 Juli 2021. 
  15. ^ "Resmi! Ini Jadwal Lengkap Rights Issue BBRI Rp 95,92 T". CNBC Indonesia. Diakses tanggal 2 November 2021. 
  16. ^ Mayasari, Selvi (2 Desember 2022). "BRI Kuasai Danareksa Investment Management". Kontan. Diakses tanggal 4 Desember 2022. 
  17. ^ Fadilah, Ilyas (7 Juli 2023). "Danareksa Investment Management Ganti Nama Jadi BRI Manajemen Investasi". Detikcom. Diakses tanggal 9 Juli 2023. 
  18. ^ Hidayat, Ferry (6 Juli 2023). "Danareksa Investment Management Ganti Nama Jadi BRI Manajemen Investasi". Warta Ekonomi. Diakses tanggal 10 Oktober 2023. 
  19. ^ Rahmanta, Arfrian (8 Desember 2023). "Tabel KUR BRI 2023 Pinjaman Bunga 7 Persen Kredit Usaha Rakyat Plafon Rp 25 Juta Angsuran per Bulan 145 Ribu". beritadiy.pikiran-rakyat.com. Diakses tanggal 14 Desember 2023. 
  20. ^ "Kisah Sukses Klaster Usaha Binaan BRI, Kerajinan Rajut Berkah Jaya Tidu: Terus Berkarya dan Menginspirasi Kaum Wanita". Warta Ekonomi. 10 Oktober 2023. Diakses tanggal 13 Oktober 2023. 
  21. ^ "BRI Peduli Jadikan Kampung Bali Percontohan dalam Jaga Ekosistem Lingkungan di Tengah Kota Jakarta". Warta Ekonomi. 6 Oktober 2023. Diakses tanggal 13 Oktober 2023. 
  22. ^ Redaksi, Tim (9 April 2021). "TOP, BRI Borong 5 Penghargaan di Malam Anugerah BUMN 2021". JPNN.com. 
  23. ^ Robiatul, Elvi (27 Juni 2022). "Insan BRILiaN Harumkan Nama Bangsa dalam UN World Innovation Day Hack 2022". JPNN.com. Diakses tanggal 27 Juni 2022. 
  24. ^ Robiatul, Elvi (07 Juli 2022). "BRI Raih Penghargaan Internasional, The Asset Triple A". JPNN.com. Diakses tanggal 07 Juli 2022. 
  25. ^ Robiatul, Elvi (13 Agustus 2022). "BRI Borong 3 Penghargaan Alpha South East Asia 2022". JPNN.com. Diakses tanggal 13 Agustus 2022. 
  26. ^ Robia, Elvi (02 Desember 2021). "BRI Sabet 2 Penghargaan Bisnis Indonesia Top BUMN Award". JPNN.com. Diakses tanggal 02 Desember 2021. 
  27. ^ jpnn, chi (30 November 2022). "Apresiasi Industri Perbankan, [[LPS]] Banking Award 2022 Sukses Digelar". JPNN.com. Diakses tanggal 30 November 2022.  Konflik URL–wikilink (bantuan)
  28. ^ "ASEAN PR Nobatkan BRI sebagai Best Government Public Relations in Indonesia, Buah Kehumasan yang Efektif". Warta Ekonomi. 27 September 2023. Diakses tanggal 13 Oktober 2023. 

Pranala luar

Kembali kehalaman sebelumnya