Share to:

Uang kertas keluaran Bank Inggris

Uang kertas keluaran Bank Inggris
Inggris (merah) dan wilayah seberang laut (biru) memakai Pound atau uang keluaran lokal mereka
ISO 4217
CodeGBP (Great Britain Pound)
Denominasi
Simbol mata uang£
SubunitPenny (1/100)
Simbol subunitp
Uang kertas
Denominasi(sekarang) £5, £10, £20, £50
Demografi
PemakaiBritania Raya
Jersey
Guernsey
Isle of Man
South Georgia and the South Sandwich Islands
St Helena, Ascension and Tristan da Cunha (hanya Tristan da Cunha)
Alat tukar sah diInggris dan Wales
Issuance
Dikeluarkan olehBank Inggris
PencetakDe La Rue

Bank Inggris, yang sekarang merupakan bank sentral Britania Raya, telah mengeluarkan uang-uang kertas sejak tahun 1694. Pada tahun 1921, Bank Inggris meraih monopoli legal atas keluaran uang-uang kertas di Inggris dan Wales, sebuah proses yang dimulai dengan Bank Charter Act tahun 1844 saat kemampuan bank lain untuk mengeluarkan uang-uang kertas dibatasi.

Uang-uang kertas aslinya ditulis tangan; meskipun mereka sebagian dicetak dari 1725 dan seterusnya; para kasir masih menandatangani setiap yang kertas dan menjadikannya alat bayar untuk orang-orang. Uang-uang kertas sepenuhnya dicetak dari tahun 1855. Sejak tahun 1970, uang-uang keras Bank Inggris memiliki tampilan potret-potret figur sejarah Inggris.

Dari delapan bank yang disahkan untuk mengeluarkan uang-uang kertas di Inggris, hanya Bank Inggris yang dapat mengeluarkan uang-uang kertas di Inggris dan Wales, dimana uang-uang kertasnya menjadi alat tukar sah. Uang-uang kertas Bank Inggris tidak menjadi alat tukar sah di Skotlandia dan Irlandia Utara, namun diterima disana bersama dengan uang-uang kertas nasional negara masing-masing.

Referensi

Pranala luar

Information related to "Uang kertas keluaran Bank Inggris" :

Kembali kehalaman sebelumnya