Share to:

Anglo-Egyptian Bank

Anglo-Egyptian Bank adalah sebuah bank asing Britania Raya yang didirikan tahun 1864. Bank-bank pendirinya adalah Agra and Masterman's Bank dan General Credit and Finance Co., dan bank ini menginkorporasikan Pastré Frères et Compagnie (didirikan 1821; direorganisasi 1827) dan Giovanni Sinadino and Co., yang merupakan satu-satunya bank dari keempat bank tadi yang berkantor pusta di Mesir, tepatnya di Alexandria. Pejabat senior keempat firma ini menjadi dewan direktur Anglo-Egyptian Bank.

Selain operasinya di Mesir, Anglo-Egyptian membuka banyak cabang di Mediterania Britania dan berperan sebagai bankir untuk pihak berwenang Britania.

Sejak 1921 sampai seterusnya, Barclays Bank memegang saham terbesar di Anglo-Egyptian. Tahun 1925, Barclays Bank menggabungkan Anglo-Egyptian dengan dua bank lain untuk membentuk Barclays (Dominion, Colonial & Overseas). Tahun 1956, setelah serangan Inggris-Prancis ke Port Said, pemerintah Mesir menyita 19 cabang, satu subcabang, dan 26 lembaga di Mesir, dan memanfaatkan semuanya untuk mendirikan Bank of Alexandria.

Cabang Barclays (Dominion, Colonial & Overseas) di Yerusalem, circa 1940

Sejarah

Akuisisi

  • 1884 Anglo-Egyptian membeli rekening Commercial Bank of Alexandria yang dilikuidasi, yang didirikan tahun 1868.

Cabang

Lihat pula

Sumber

Samir Saul (1994) From the Anglo-Egyptian Bank to Barclays (DCO): A Century of Overseas Banking. In M. Davids, F. Proceedings of the Conference on Business History, Rotterdam, The Netherlands. de Goey, D. De Wit (eds.),

Information related to "Anglo-Egyptian Bank" :

Kembali kehalaman sebelumnya