Share to:

Bank Jateng

Bank Jateng
PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah
Bank Jateng
Bank
IndustriPerbankan, Keuangan
GenrePerbankan
Didirikan10 Juni 1963; 60 tahun lalu (1963-06-10)
Kantor
pusat
Jl. Pemuda No. 142, Semarang, Jawa Tengah 50132,
Wilayah operasi
Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta dan sekitarnya
Tokoh
kunci
Edhi Chrystanto (Komisaris Utama)
Supriyatno (Direktur Utama)
PendapatanRp 6,67 Trilyun (2020)
Rp 1,49 Trilyun (2020)
Rp 1,12 Trilyun (2020)
Total asetRp 73,11 Trilyun (2020)
Total ekuitasRp 8,06 Trilyun (2020)
PemilikPemerintah Provinsi Jawa Tengah
Karyawan
4.974 (2016)
Situs webhttp://www.bankjateng.co.id/

Bank Jateng (dahulu bernama Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah/BPD Jateng) adalah satu-satunya bank daerah yang berguna untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di Jawa Tengah. Bank Jateng berpusat di kota Semarang. Bank Jateng didirikan pada 17 Juni 1963 dengan nama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah (PT BPD Jateng). Pendirian tersebut dipelopori oleh Pemerintah Daerah beserta tokoh masyarakaat dan tokoh pengusaha swasta di Jawa Tengah atas dasar pemikiran perlunya suatu lembaga keuangan yang berbentuk Bank, yang secara khusus membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan di daerah.

Pendirian Bank Pembangunan Daerah Jawa tengah pada tahun 1963 tidak lepas dari kondisi bangsa dan negara saat itu. Awal tahun 1960-an negara mulai kesulitan modal untuk mendanai pembangunan. Hal itu terjadi akibat ketidakstabilan kondisi keamanan dan keutuhan negara. Sehingga melalui hal inilah peran BPD Jawa tengah untuk menjadi salah satu pendorong pembangunan regional pun tercapai. Upaya aktif daerah untuk mewujudkan pendirian BPD Jawa Tengah disadari betul oleh para pemangku kebijakan di Jawa Tengah. Pada tahun tersebut pemerintah juga mengeluarkan kebijakan untuk mendorong dan mempermudah sektor perbankan untuk menjadi besar.

Gubernur Mochtar dengan cepat merespons kebijakan pemerintah pusat dan memprakarsai pendirian Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah. Puncak Pendirian Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah ditandai dengan pelantikan Direksi Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah oleh Gubernur Tingkat I Provinsi Jawa Tengah sekaligus pengeporerasian Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah pada hari Sabtu Pahing tanggal 6 April 1963 di Gedung Bapindo Jalan pahlawan No. 3 Semarang. Gedung tersebut menjadi kantor pusat pertama BPD Jawa Tengah.

Jaringan Kantor

Bank Jateng Cabang Kebumen
Bank Jateng Cabang Kebumen
Bank Jateng ATM
Salah satu ATM Bank Jateng
  • 2 Kantor Pusat
  • 1 Unit Usaha Syariah
  • 43 kantor Cabang
  • 140 Kantor Cabang Pembantu
  • 185 Kantor Kas
  • 313 Payment Point
  • 153 Layanan Syariah
  • 888 ATM
  • 44 Layanan Kas Keliling
  • Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng

Lihat pula

Pranala luar


Kembali kehalaman sebelumnya